Sabtu, 07 Juli 2012

Informasi Terminal (Surabaya)


INFO TERMINAL

SURABAYA

TERMINAL PURABAYA alias BUNGURASIH

adalah terminal terbesar di Surabaya yg terletak di perbatasan dgn Kab Sidoarjo, tak jauh dari Bandara Juanda... hampir seluruh bis AKAP ke arah barat dan ke arah timur (Bali, Lombok, Sumbawa) masuk ke sini... sayangnya sulit naik taksi dari sini karena yg beredar di sini adalah taksi argo kuda... kalo mau naik taksi disarankan naik di depan pool ALS yg tak jauh dari terminal.

TERMINAL OSOWILANGUN
adalah terminal AKAP kedua di Surabaya dgn suasana yg cukup bersih dan nyaman... terminal ini menjadi titik keberangkatan bis2 AKDP dan bis patas ke Semarang...

MALANG

TERMINAL ARJOSARI

adalah terminal terbesar di Kota Malang yg melayani seluruh rute bis AKAP dari dan ke kota Malang...

TERMINAL GADANG
adalah terminal terbesar kedua di Kota Malang yg terletak di sebelah selatan... terminal ini lebih didominasi oleh bis2 kelas ekonomi alias bumel, baik AKDP maupun AKAP.

Informasi Terminal (Jogja)

INFO TERMINAL


JOGJA

TERMINAL GIWANGAN
adalah terminal terbesar di Jogja... terletak di sebelah selatan Jogja, terminal ini belum lama usianya dan dibangun untuk menggantikan Terminal Umbulharjo... gedungnya cukup bersih, sayang sistem alur penumpangnya cukup rumit sehingga penumpang pun tidak banyak yg naik dari terminal ini...
terminal ini dapat dijangkau dgn Trans Jogja rute 3A, 3B, 4A, dan 4B...

TERMINAL JOMBOR
adalah terminal yg kecil tapi cukup ramai dan hampir2 seluruh bis ke Semarang, Bandung, Jakarta, dan Sumatera masuk ke sini... terminal ini dapat dijangkau dgn Trans Jogja rute 2A dan 2B...

SPOT KEBERANGKATAN LAINNYA :
sepanjang jalan Ring Road Utara

SOLO

TERMINAL TIRTONADI
adalah satu-satunya titik keberangkatan bis2 AKAP dari Solo yg terletak di sebelah utara kota Solo... terminal ini agak kurang bagus dari segi ukuran, gedung, dan kondisi umum sebagai terminal... terminal ini dapat dijangkau dgn bis kota Solo...

SPOT KEBERANGKATAN LAINNYA :
1. Jalan Veteran
2. Jalan Ahmad Yani

Informasi Terminal (Semarang)


INFO TERMINAL

SEMARANG

TERMINAL TERBOYO
merupakan terminal terbesar di Semarang yg melayani seluruh keberangkatan dari Semarang ke kota2 lain... terminal ini terletak di sebelah timur Semarang... sayangnya terminal ini dalam kondisi memprihatinkan karena selalu diterjang banjir... untungnya terminal ini cukup aman dan jarang calo...

TERMINAL MANGKANG
awalnya hanyalah terminal tipe C, kemudian dikembangkan menjadi terminal tipe A, tapi sayangnya bis2 AKAP tidak pernah lewat sini dan akhirnya terminal ini pun menjadi terlantar... terminal ini menjadi awal rute bis Trans Semarang, Mangkang-Penggaron...

TERMINAL BANYUMANIK
sebenarnya hanyalah terminal tipe C, tapi uniknya bis2 AKAP ke Jakarta juga mengambil penumpang di sini... begitu juga dgn bis2 ke Jogja dan Solo... terminal ini terletak di sebelah selatan Semarang...

SPOT KEBERANGKATAN LAINNYA
1. Kalibanteng
2. Krapyak
3. Sukun-Banyumanik

Informasi Terminal (Bandung)



INFO TERMINAL

BANDUNG

TERMINAL CICAHEUM

adalah terminal terbesar di Bandung yg terletak di sebelah timur... di sini merupakan titik keberangkatan bis ke arah timur seperti Tasik, Cirebon, Semarang, Purwokerto, Jogja, Solo, dan Surabaya... sayangnya luas terminal ini cukup sempit, padahal sangat banyak bis ke arah timur yg berangkat dari sini... Pemkot Bandung sedang mempersiapkan sebuah terminal di Gedebage sebagai pengganti terminal ini...

TERMINAL LEUWIPANJANG
adalah terminal yg terletak di sebelah selatan Bandung, yaitu di Jalan Soekarno-Hatta... terminal ini menjadi titik keberangkatan bis2 ke Jakarta, Merak, Bogor, dan Sukabumi... sebenarnya terminal ini juga didesain untuk menjadi titik keberangkatan bis2 ke Sumatera, tapi kenyataannya bis Sumatera tidak pernah masuk terminal ini dan lebih memilih berangkat dari agen masing2...

SPOT KEBERANGKATAN LAINNYA
1. sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, terutama agen2 bis Sumatera mulai dari simpang Pasirkoja sampai simpang Kopo
2. Cileunyi
3. Jatinangor

Informasi Terminal (JAKARTA)



INFO TERMINAL

JAKARTA

TERMINAL PULOGADUNG
adalah terminal bis terbesar di Jakarta yg melayani hampir semua jurusan ke kota2 di Jawa, Bali, dan Sumatera... walaupun demikian terminal ini juga punya reputasi buruk karena kotornya lingkungan terminal dan terutama karena "kejam"nya calo yg berulah di sini...
karena itu penumpang pun enggan berangkat dari sini dan lebih memilih di agen bis masing2 di antara terminal dan PTC (Pulogadung Trade Center)...
terminal ini juga menjadi titik awal dari Trans Jakarta rute Pulogadung-Harmoni, Pulogadung-Dukuh Atas, dan Pulogadung-Kalideres...

TERMINAL LEBAK BULUS
adalah terminal bis terbesar kedua di Jakarta... sepertinya hampir seluruh bis ke Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur mampir di sini... keadaannya masih lebih baik daripada di Pulogadung...
beredar kabar bahwa terminal ini akan digusur untuk dijadikan depo MRT yg nantinya akan beroperasi di Jakarta... bagaimana nasib terminal ini ke depannya dan ke mana akan dipindahkan, tidak ada yg tahu...
terminal ini dapat dijangkau melalui Trans Jakarta rute Harmoni-Lebak Bulus...

TERMINAL KALIDERES
terletak di sebelah barat Jakarta, sebelum masuk ke Tangerang... terminal ini juga disinggahi beberapa bis ke arah timur, walaupun lebih didominasi oleh bis2 ke Jawa Barat (Cirebon, Kuningan, Sukabumi) dan Banten (Merak, Rangkasbitung) serta bis2 kecil (3/4) ke Sumatera...
terminal ini menjadi titik awal Trans Jakarta rute Kalideres-Pasar Baru dan Kalideres-Pulogadung...

Sejarah DAMRI


Sejarah DAMRI



DAMRI adalah kepanjangan dari Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia yang dibentuk berdasarkan Maklumat Kementerian Perhubungan RI No.01/DAMRI/46 tanggal 25 Nopember 1946 dengan tugas utama menyelenggarakan angkutan penumpang dan barang di atas jalan dengan menggunakan kendaraan bermotor. Dalam perkembangan selanjutnya sebagai Perusahaan Umum (Perum) nama DAMRI tetap diabadikan sebagai brand mark dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini yang hingga saat ini masih tetap konsisten menjalankan tugasnya sebagai salah satu service provider angkutan penumpang dan barang dengan menggunakan bus dan truk.

Hingga saat ini, DAMRI memiliki jaringan pelayanan tersebar hampir diseluruh wilayah Republik Indonesia. Dalam kegiatan usahanya DAMRI menyelenggarakan pelayanan angkutan kota, angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan kota antar provinsi, angkutan khusus bandar udara, angkutan travel, angkutan logistik, angkutan keperintisan dan angkutan lintas batas negara.

Pada tahun 1943, terdapat dua usaha angkutan di zaman pendudukan Jepang yaitu Jawa Unyu Zigyosha yang mengkhususkan diri pada angkutan barang dengan truk, gerobak atau cikar dan juga terdapat Zidosha Sokyoku yang melayani angkutan penumpang dengan kendaraan bermotor atau bus. Pada tahun 1945, setelah Indonesia merdeka, dibawah pengelolaan Departemen Perhubungan RI, Jawa Unyu Zigyosha berubah nama menjadi Djawatan Pengangkoetan untuk angkutan barang dan Zidosha Sokyoku beralih menjadiDjawatan Angkutan Darat untuk angkutan penumpang.

Rute Bis dari Surabaya

SURABAYA

SURABAYA-MALANG
PO : Kalisari, Menggala, Haz, Hafana, Dana Dhasih, Laksana Anda, Pangeran, Medali Mas
Harga : 8 ribu (AC ekonomi), 15 ribu (patas)

SURABAYA-BLITAR
PO : Akas (via Malang), Rukun Jaya (via Pare)
Harga : unknown

SURABAYA-KEDIRI-TULUNGAGUNG
PO : Harapan Jaya
Harga : 30 ribu

SURABAYA-PACITAN
PO : Aneka Jaya
Harga : 40 ribu

SURABAYA-JEMBER
PO : Akas Asri, Ladju, Tjipto, Mila Sejahtera, Jember Indah
Harga : unknown (kayaknya sekitar 20 ribuan)

Jumat, 06 Juli 2012

Rute dari Jakarta ke Arah Barat


Dari JAKARTA ke Arah Barat

JAKARTA-MERAK
PO : Primajasa, Laju Prima, Arimbi, Armada Jaya Perkasa
Harga : sekitar 30 ribu

JAKARTA-BANDAR LAMPUNG
PO : Damri
Harga : sekitar 115 ribu (VIP), 150 ribu (eksekutif)

JAKARTA-PALEMBANG
PO : Pahala Kencana, Kramat Djati, Laju Prima, Sari Harum, Handoyo, Giri Indah
Harga : sekitar 180 ribu (VIP), 230 ribu (eksekutif)

JAKARTA-RANAU-MUARA DUA
PO : Ranau Indah
Harga : unknown

JAKARTA-BATURAJA-PRABUMULIH
PO : Pahala Kencana, Kramat Djati, Sari Harum
Harga : sama seperti Jakarta-Palembang

JAKARTA-LAHAT-PAGAR ALAM
PO : Kramat Djati (Lahat), Lantra Jaya, Sinar Dempo, Telaga Indah Armada
Harga : unknown

Rute dari Jakarta ke Arah Timur


Dari JAKARTA ke Arah Timur

JAKARTA-BANDUNG
PO : Primajasa (Kalideres, Lebak Bulus, Tanjung Priok), Harum Prima (Pulogadung, Kp Rambutan), Patriot (Pulogadung)
Harga tiket : 40-50 ribu

JAKARTA-CIREBON
PO : Sahabat, Bhinneka, bis2 ke Kuningan
Harga tiket : sekitar 25-40 ribu

JAKARTA-KUNINGAN
PO : Luragung Jaya, Putra Luragung, Luragung Termuda, Setia Negara, Sahabat, Bhinneka
Harga tiket : sekitar 30 ribu

JAKARTA-SUMEDANG
PO : Medal Sekarwangi, Cahaya Bakti Utama
Harga tiket : 30 ribu (AC ekonomi)

JAKARTA-GARUT
PO : Primajasa, Karunia Bakti
Harga tiket : 35 ribu (AC ekonomi)

JAKARTA-TASIK
PO : Primajasa, Budiman, Doa Ibu, Aladin
Harga tiket : 40 ribu (AC ekonomi) 50 ribu (bisnis) 60 ribu (eksekutif)

Kramat Djati


Kramat Djati




Jakarta– Surabaya (Executive 32 seat)
Lewat jalur pantura
Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya ( Terminal Bungur Asih )

Jakarta– Malang (Executive 32 seat)
Lewat jalur Pantura
Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Surabaya ( Bungur Asih ) – Gempol – Lawang – Purwodadi – Singosari – Malang (Terminal Arjosari)

Jakarta– Madura (Executive 32 seat)
Lewat jalur Pantura
Cikampek – Pamanukan – Cirebon – Brebes – Tegal – Pemalang – Pekalongan – Batang – Grinsing – Kendal – Semarang – Demak – Kudus – Pati – Rembang – Tuban – Lamongan – Gresik – Tanjung Perak – Kamal – Bangkalan – Blega – Sampang – Pamekasan – Sumenep

Kamis, 05 Juli 2012

Pahala Kencana

Pahala Kencana







Jakarta - (Singaraja) - Denpasar PP
Jakarta - Singaraja PP
Jakarta - Jember - Banyuwangi PP
Jakarta - Jember PP
Jakarta - Surabaya PP
Jakarta - Surabaya - Malang PP
Jakarta - Sumenep PP
Jakarta - Pamekasan PP
Jakarta - Sampang PP
Jakarta - Blega PP
Jakarta - Galis PP
Jakarta - Tanah Merah PP
Jakarta - Bangkalan PP
Jakarta - Bojonegoro PP
Jakarta - Cepu PP
Jakarta - Blora PP
Jakarta - Lasem PP
Jakarta - Bangilan - Snori PP
Jakarta - Rembang PP
Jakarta - Pati PP 


Sejarah Bis

Sejarah Bis 
 

Cikal bakal bus muncul ketika kendaraan bermotor menggantikan kuda sebagai alat transportasi pada sekitar 1905. Saat itu, omnibus bermotor disebut autobus. Hingga saat ini, Prancis dan Inggris masih menggunakan istilah tersebut.

Omnibus pertama dioperasikan di AS. Dimulai dengan pelintasan Jalan Broadway di kota New York pada 1827. Seseorang bernama Abraham Brower, merupakan pemilik pertama bisnis tersebut.

Kemajuan paling penting pada omnibus adalah mobil jalanan. Mobil jalanan pertama ditarik kuda. Yang membedakan adalah keberadaan rel baja yang diletakkan di tengah jalan. Roda-roda mobil jalanan juga terbuat dari baja, yang dibuat sedemikian rupa agar tidak merusak rel. Mobil jalanan pertama beroperasi di Jalan Browery, New York. Dimiliki John Manson dan dibuat oleh seorang keturunan Irlandia bernama John Stephenson.Ada beberapa indikasi lain yang menunjukan bahwa bus pertama telah ada ada sejak 1662. Meski kendaraan sesungguhnya yang ditarik kuda belum diluncurkan sampai tahun 1820-an.

Pada awalnya, bus merupakana kendaraan yang ditarik kuda, kemudian dimulai dari tahun 1830-an bus bertenaga uap mulai ada. Seiring perkembangan zaman, bus bertenaga mesin konvensional adalah penemuan bus troli elektronik yang berfungsi dengan di bawah seperangkat kabel yang ada di beberapa tempat dengan jumlah banyak.Bus bertenaga mesin pertama muncul bersamaan dengan perkembangan mobil. Setelah bus bertenaga mesin pertama pada tahun 1895, berbagai macam model dikembangkan pada tahun 1900-an, sampai akhirnya tersebar luas bentuk bus yang utuh mulai dari tahun 1950-an.